Jeruk Kunci

Ibu saya meminta dicarikan jeruk kunci, ia sudah mencoba ke pasar di Pamulang dan tukang sayur keliling semuanya tidak punya bahkan tidak tahu apa itu jeruk kunci. Padahal di Sumatera Selatan mudah sekali menemukan jeruk kunci ini, jangankan yang dijual di pasar yang berupa tanaman pun masih lazim ditemui.  Orang Sumatera Selatan lazim menkonsumsi jeruk kunci yang sering digunakan sebagai salahsatu bahan untuk membuat cuko pempek atau dijadikan minuman segar dengan menambahkan air, gula dan es batu pada perasan jeruk kunci.

DSCN4705

Es Jeruk Kunci

Sepintas bentuk dan ukuran jeruk kunci memang mirip sekali dengan jeruk sambal atau jeruk limau (Citrus amblycarpa) untuk membedakannya yang paling terlihat adalah bagian dalamnya yang berwarna kuning, sementara jeruk limau berwarna putih. Menurut ibu saya dari rasa jeruk kunci adalah jeruk paling asam yang ia kenal, jauh lebih asam dibandingkan jeruk limau dan jeruk nipis (Citrus aurantifolia) .

Istilah Jeruk kunci sepertinya kurang lazim dikenal di Jakarta. Saya coba bertanya ke beberapa teman yang berasal dari pulau Jawa mereka tidak kenal istilah jeruk kunci, ketika saya tunjukkan foto dari mesin pencari mereka menyebut jeruk limau atau jeruk sambal tetapi salah seorang teman dari Makassar memberikan jawaban berbeda ia menyebutnya sebagai lemon cui. Bahkan untuk nama ilmiah pun terjadi kebingungan pula dalam mengklasifikasikannya, ada beragam nama ilmiah yang digunakan untuk jeruk kunci antara lain Citrofortunella microcarpa, Citrofortunella mitis, Citrus mitis dan Citrus madurensis

Suatu malam saya coba ke Pasar Kramat Jati tetap sulit menemukan jeruk ini. Akhirnya ada itupun si pedagang menyebutkan pemasoknya salah mengantar, biasanya yang diantar jeruk sambal tetapi malah jeruk yang bentuknya mirip yang diantar, ia pun tidak tahu apa nama jeruk salah antar tersebut. Sementara saya kegirangan berhasil menemukan jeruk kunci, ia malah berulang kali bertanya apa saya yakin mau membeli jeruk tersebut jangan-jangan nanti salah.

Secara tak sengaja saya menemukan jeruk kunci di jaringan waralaba Bakso Afung, rumah makan dengan menu bakso yang diklaim khas Pontianak ini sudah cukup banyak membuka cabang di beberapa pusat perbelanjaan wilayah Jabodetabek. Di Bakso Afung jeruk kunci disajikan sebagai pendamping bakso seperti lazimnya jeruk limau yang disajikan menemani sajian di warung-warung pecel lele, selain itu terdapat pula menu es jeruk dengan menggunakan jeruk kunci yang mereka sebut sebagai jeruk limau kasturi.

Menurut situs sunpride, tetesan sari jeruk kunci memiliki berbagai kegunaan yaitu:

  • menghilangkan bau amis di makanan laut
  • memperkuat rasa makanan seperti, soto, bakso, somay, dll
  • menambah kesegaran rasa potongan buah segar seperti, pepaya, pear, apel malang
  • mencegah potongan buah segar menjadi berwarna kecoklatan

Berbagai kegunaan jeruk kunci lain dituliskan pada situs tambulapot, jeruk kunci lazim digunakan untuk menghilangkan bau amis pada makanan laut dan aromanya membangkitkan selera makan. Selain itu dapat digunakan untuk perawatan rambut agar tidak kusam dan sebagai pereda batuk, tambulapot juga menyebutkan jeruk kunci banyak digunakan oleh industri farmasi dan kosmetik.

Tautan:
ebelitung.com – Es Jeruk Kunci
mooseycountrygarden.com – My Lottie/Garden
wikipedia.org – Calamondin
wikipedia.org – Jeruk Sambal


profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Beri Respons