Kopi Bintang Kepala Kucing Palembang

Kopi Bintang Kepala Kucing

Saya terpapar kopi ini mungkin sejak usia balita,kopi kegemaran kakek. Praktis sampai SMP ini menjadi kopi wajib hampir setiap hari, variasi kopi yang saya kenal sampai usia SMP tadi hanya kopi dari kebun kakek di Pagar Gunung Lahat (kadang dikirim masih berupa biji) dan Kopi Kapal Api yang awalnya saya sangka kopi khas Bandung karena kakek selalu membawa kopi ini bila kembali dari Bandung.

Dari hasil googling didapat sedikit informasi dari sebuah thread jualan di kaskus Kopi Bintang Kepala Kucing ini merupakan kopi jenis robusta yang ditanam di daerah Semendo (ada yang menyebutnya Semende), nama daerah penghasil kopi di Kabupaten Muaraenim. Samar-samar ingatan masa kecil di Palembang memang banyak yang bilang Kopi Semendo itu kopi mantap,jadi selera kakek dan saya sudah benar.  Sampai sekarang kopi Bintang Kepala Kucing ini masih menjadi tolak ukur lidah saya seperti apa rasa kopi itu.

Dari informasi pada kemasannya didapat nama produsen yaitu Mencong dengan alamat Kelurahan 10 Ilir (Kecamatan Ilir Timur II) No.198/B Palembang,saya tidak tahu persis lokasinya dimana karena tidak menyebutkan nama jalan walaupun cukup dekat dengan rumah di Palembang (hanya beda kelurahan). Setahu saya kopi ini bisa diperoleh dengan cukup mudah di pasar dekat rumah Pasar Lemabang.

Apakah ini berasal dari produsen yang sama dengan kopi cap Bintang (yang disebut menggunakan kopi Semendo juga) saya juga tidak tahu pasti.

 


profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Ada 2 respons untuk “Kopi Bintang Kepala Kucing Palembang”.

  1. wah pecinta kopi ya mas…
    salam kenal.

  2. ryan

    Berapa sekarang harga kopi mencong cap kepala kucing ini satu kilo nya?

Beri Respons