Kupat Tahu Raos Pinggir Kolmas

Kupat Tahu Raos - Kolmas - Cimahi

Prioritas pilihan sarapan pagi kalo lagi parastisme di rumah riftom. Kalo ada yg penasaran arti Kolmas adalah nama beken hasil nyingkat dari Kolonel Masturi. Kolonel Masturi sendiri adalah bekas Bupati Kabupaten Bandung pada periode transisi Orde Lama ke Orde Baru… entahlah siapa yang punya ide ngasih nama jalan panjang banget ini (Cimahi-Lembang) dengan nama beliau. Setidaknya sih mending rada terkenal mantan bupati, kalo jalan Sersan Bajuri nah ini lebih susah.. ndak tau si Bajuri itu siapa. Saya mah taunya Bajuri yg sopir bajaj di tipi yakin Bajuri yang sersan sudah eksis di era tipi masih makhluk langka. Pernah iseng nyari siapa Sersan Bajuri, udah bakar menyan seduh kopi pait pun kuncen internet cuma menemukan sedikit sekali petunjuk.

Kembali ke kupat lieur mahiwal sejarah mah, Kupat Tahu Raos begitu tulisan di gerobak lamanya, sepertinya mengikuti mahdzab Padalarang, selain mahdzab Padalarang yang kuat juga adalah Mahdzab Singaparna dan Mahdzab Mangunreja.. entahlah apa bedanya . By default mahdzab Padalarang kuah/bumbunya encer alias menggunakan kuah kari, sementara mahdzab2 lain ada yg kari, kacang bahkan petis. Yg bumbu kacang asa aneh di lidah saya, yg bumbu petis apalagi tapi yakinnya adalah yg doyan soalnya yang jualan masih ada aja sampe sekarang.

Menurut satu artikel di koran kebangsaan Bandung dskt (PR) Kupat Tahu Padalarang dirintis oleh keluarga abah Sukarya pada periode 1950-an, saking larisnya si Abah Sukarya (yg dagang belakangan setelah uwak, paman dan mertuanya) itu sampe bisa naek haji bareng istrinya pula.. ndak tau bener kagaknya belum sempet pula nyari lapaknya si Abah. Sumber lain hasil bakar menyan ke mbah huhel menyebutkan usia Kupat tahu Padalarang lebih tua lagi yaitu dirintis pada 1934 oleh Mulya dan Sinding dan sekarang masih ada generasi keduanya yang dagang kupat yaitu Ceu Imas Rohaeti.

Gerobak Kupat Tahu Raos - Kolmas - Cimahi

Soal Kupat yang di Kolmas saya pelanggan setia Kupat Tahu Raos sejak 2001, tapi sampe 2011 tetep nggak tau nama si eceu dan suaminya. Tiap ke sana pokus ke Kupat-nya weh.. *anjrit lapat gegara ngetik ini*. Malah pake ingetan samar-samar cuma sekali nyobain lotek-nya, lupa enak kagak yg pasti Kupat tahu-nya lebih enak.

Seporsi Kupat Tahu Raos - Kolmas - Cimahi

Tautan:

Abah Sukarya Naek Haji


profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Ada 3 respons untuk “Kupat Tahu Raos Pinggir Kolmas”.

  1. riftom

    Cong… kupat ieu mah aliran Singaparna. Mun teu percaya mah sok geura tanyakeun ka nu dagangna, ngan urg oge sarua teu nyaho ngaran nu dagangna na mah hahahah… padahal tatangga…. 😛

  2. vicong

    Eh enya kitu? memang heuh sih nu di Kolmas kuahna rada kentel, lamun ka deket2 Padalarang ararencer kuahna. Ah paduli teuing nu penting halal jeung ngeunah.

    Ip di Jakarta nu lobana malah Ketoprak, baheula reuseup pisan, ngan eneg padah 2 minggu dahar ketoprak wae *keur miskin*, Ketupat Sayur *teuing Betawi atawa Padang yeuh* mun Kupat tahu ayana nu Kupat Tahu Malang eta ge teu pati loba nu dagang.

    Kupat Tahu Sunda ngan pernah manggih sakali daerah Cilandak tukangeun Bonbin Ragunan.. asana mah mahdzab Singaparna. Teu sempet nyobaan da pas manggih keur tutup deuk kaditu deui geus poho jalanna lieur eta ngubek2 gang 😀

  3. Gumi-gumi

    “Kupat tahu Kolmas” Langganan abdi ieu mah, ti jaman SMP nepi ka kuliah, Bumbu kacang kupat tahu na pas pisan sareng toge, kerupuk, Lotek na mantap! (Nami bapana mah teu apal sih, mun anakna apal, da smp wkwkw Ilham Suteja
    )

Beri Respons