Kupat Tahu Padalarang, Simpang Cisarua

001

Kali ini saya mengulas penjual kupat tahu di Cimahi kembali yang berlokasi di persimpangan Kolmas-Cisarua di depan toko Indomaret, pada peta lokasinya adalah sebagai berikut:

My location
Get Directions

003

Kupat tahu adalah makanan yang mengkombinasikan lontong (orang Sunda cenderung menyebutnya kupat) dan tahu sebagai bahan utama, terdapat berbagai aliran kupat tahu di wilayah Jawa Barat maupun luar Jawa Barat (Magelang dan Solo misalnya), di Jakarta sendiri makanan sejenis lebih lazim ditemui dalam bentuk ketoprak dan lontong sayur.

Kupat tahu Jawa Barat favorit saya adalah aliran Padalarang yang kabarnya sudah ada sejak 1950-an, ketupatnya berukuran besar dibungkus daun pisang yang akan dipotong kecil-kecil ketika disajikan. Ciri khas lain kupat tahu Padalarang menggunakan kuah santan yang berwarna kemerah-merahan mirip dengan kuah gule/gulai dan adanya tambahan bihun.

004

Memakan kupat tahu Padalarang yang berkuah paling pas bila dipadukan dengan kerupuk putih, kerupuk putih yang disediakan tukang kupat tahu di Simpang Cisarua ini berukuran besar dengan rasa khas kerupuk di wilayah Jawa Barat. Berikut penampakan kupat tahunya ketika disajikan.

002a

002

Sekedar mengingatkan karena pelanggan mayoritas kupat tahu Padalarang simpang Cisarua ini adalah sopir angutan kota trayek Pasar Atas – Cisarua maka jangan terkejut bila porsinya terasa luar biasa dibandingkan penjual kupat tahu Padalarang lain, saya sendiri baru sanggup menghabiskan 1 porsi bila dalam kondisi lapar berat. Soal harga tak perlu risau dengan porsi butal tersebut karena harga satu porsinya sangat terjangkau hanya 7 ribu rupiah. Hal lain yang perlu diingat karena di Cimahi kupat tahu dikenal sebagai menu sarapan pagi maka tukang kupat tahu Padalarang Simpang Cisarua ini mulai buka sekitar pukul 6 pagi hingga sekitar pukul 10 pagi setiap harinya.


Lokasi Kupat Tahu Padalarang

My location
Get Directions
profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Beri Respons