Tekwan

IMG02512-20121006-1128

Tekwan adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari bahan utama ikan dicampur sagu (serupa dengan bahan baku pempek) disajikan dengan kuah kaldu udang ditambah dengan soun, seledri, irisan timun, bawang goreng terkadang ditambahkan pula jamur kuping dan irisan bengkuang.

IMG02971-20130129-1942

Saya tak punya tempat favorit yang menyajikan tekwan, lebih suka rasa tekwan yang dijajakan secara berkeliling dengan gerobak (dahulu banyak juga yang menjajakan dengan pikulan), selain rasa yang enak dan harga murah (saat ini hanya Rp6.000 per porsi), ada perasaan nostalgia ke masa kecil ketika membeli tekwan dari tukang keliling. Beberapa ciri khas dari pedagang tekwan keliling sering masih dipertahankan seperti piring yang digunakan dengan ilustrasi khasnya sampai dengan kerjasama tim menjajakan dengan memukul piring menggunakan sendok dari rumah ke rumah bahkan ke dalam gang sempit, sementara rekannya menunggui gerobak.

DSCN3324

Saat ini berbagai toko pempek di Palembang juga sudah menjual tekwan dalam bentuk kering yang memudahkan untuk dibawa sebagai oleh-oleh, pada foto di atas adalah tekwan kering dari Pempek Candy dijual seharga Rp30.000 per bungkus dengan jumlah tekwan cukup banyak, bisa untuk porsi beberapa piring.

Di Jakarta cukup banyak toko/restoran pempek yang menyajikan menu tekwan sayangnya saya belum menemukan yang rasanya bisa dibilang pas, satu kali menemukan yang rasanya cukup mendekati rasa tekwan keliling di Palembang malah di sebuah toko pempek di Kota Sukabumi.


profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Beri Respons